Kencangkan Wajah dengan Terapi Akupuntur

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 19 Desember 2019 11:13
Kencangkan Wajah dengan Terapi Akupuntur
Apa kegunaannya?

Dream - Banyak wanita melakukan segala cara untuk mendapatkan wajah awet muda. Mulai dari pemakaian krim hingga perawatan kulit di salon kecantikan, seperti botox.

Selain metode tersebut, terdapat cara lainnya untuk mengatasi penuaan dini, yaitu akupuntur. Cara ini dapat mengatasi keriput dan mengembalikan elastisitas kulit.

Terapi akupuntur dilakukan untuk merangsang kolagen yang memicu peningkatan elastisitas kulit.

" Ini dapat merangsang kolagen, neurotransmitter, peningkatan peredaran darah, nutrisinya lebih tersampaikan ke seluruh wajah serta meningkatkan antioksidan," ungkap spesialis akupuntur, Hetty, di Klinik Sakti Medika, Jakarta Selatan, Rabu 18 Desember 2019.

1 dari 5 halaman

Tak Bisa Hanya Dengan Sekali

Tidak seperti perawatan lainnya, terapi akupuntur perlu dilakukan bertahap agar lebih efektif.

" Akupuntur itu nonoperatif. Jadi enggak bisa dibandingkan dengan tindakan operatif. Enggak bisa sekarang bikin, besok jadi," tutur Hetty.

Akupuntur© dream.co.id

Efeknya butuh proses karena perangsangan sel dengan tindakan akupuntur membutuhkan waktu yang cukup lama.

" Dia merangsang sel elastisitas dan lain-lainnya jadi butuh waktu. Ada tahapannya sedikit demi sedikit dan dilakukan perlahan," tambahnya.

Selain itu, perawatan dengan metode akupuntur diklaim lebih aman dan hasilnya realistis dibandingkan cara lainnya.

" Misalkan kulitnya sudah berumur, ingin seperti bayi ya nggak mungkin. Memperbaiki paling optimal sesuai usianya," tutupnya.

2 dari 5 halaman

5 Tips Sederhana untuk Merawat Wajah Sehari-Hari

Dream - Ketika ingin melakukan perawatan kulit, sebagian orang berpikir akan menghabiskan banyak biaya.

Padahal, sebenarnya Sahabat Dream hanya perlu mengetahui apa yang dibutuhkan kulit dan menjalankan pola hidup sehat.

Perawatan kulit mahal juga bisa membuat kulitmu iritasi atau berjerawat, apalagi jika tidak cocok dengan tipe wajahmu.

Agar bisa merawat kulit dengan tepat, ikuti 5 tips yang dilansir dari Femina.in berikut.

3 dari 5 halaman

Pembersih Muka yang Lembut dan Aman

Pembersih wajah sangat penting untuk membersihkan makeup maupun skincare yang telah dipakai seharian.

Selain itu, minyak berlebih, polusi dan bakteri akan menghilang sehingga produk yang akan digunakan bisa menyerap sempurna serta bekerja lebih efektif.

Tapi, pilihlah pembersih wajah yang lembut dan aman agar tetap bisa menjaga permukaan kulit serta menjaga kelembapannya.

Pembersih dengan pH tinggi seperti sabun mandi, sangat buruk untuk kulit dan bisa menyebabkan iritasi maupun infeksi. Jadi, gunakan pembersih dengan pH rendah.

shutterstock© shutterstock.com

Pakai Chemical Exfoliant

Seiring dengan bertambahnya usia, kerja kulit akan melambat sehingga sel kulit mati akan lebih mudah menumpuk dan menyebabkan wajah terlihat kusam. Jadi, kamu perlu melakukan eksfoliasi rutin.

Tapi, ada 2 jenis exfoliant, yaitu chemical dan physic. Sebaiknya, hindari physical exfoliants yang keras seperti scrub gula dan pembersih dengan beads supaya kulitmu tidak mengendur.

Gunakanlah handuk atau spons dan ambil produk yang mengandung charcoal supaya kulitmu tetap sehat. Chemical exfoliants akan larut dan membantu melepaskan sel kulit mati.

shutterstock© shutterstock.com

4 dari 5 halaman

Jangan Dioles, Tapi Ditepuk-tepuk Serum

Biasanya, serum mengandung bahan aktif yang berkonsentrasi lebih tinggi daripada pelenbap. Bahan aktif paling cocok untuk kulit yang mengalami penuaan adalah vitamin A atau retinoid dan vitamin C.

Selain memicu produksi kolagen, vitamin tersebut berfungsi seperti antioksidan yang mampu mengusir stres dan menimbulkan tanda penuaan.

shutterstock© shutterstock.com

Pakai Pelembap

Produksi sebum atau minyak akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Walaupun kamu bisa terbebas dari jerawat, wajahmu bisa saja terasa kering dan menimbulkan tanda penuaan.

Jadi, gunakanlah pelembap berbahan dasar air. Pakailah pembersih yang mengandung gliserin dan hyaluronic acid. Sebenarnya, pemakaian mineral oil setiap malam akan mencegah penguapan cairan tubuh.

shutterstock© shutterstock.com

5 dari 5 halaman

Selalu Gunakan Tabir Surya

Ingin memiliki wajah awet muda? Tabir surya adalah kuncinya. Sinar UV mampu merusak produksi kolagen dan menghancurkan elastin. Akhirnya, kulitmu akan lebih tipis, hiperpigmentasi dan mudah mengalami kerutan.

Jadi, gunakan sunscreen setiap ingin keluar rumah. Menurut penelitian, broad-spectrum SPF 30 bisa menyamarkan tanda penuaan, memperbaiki tekstur dan mencegah kerutan.

shutterstock© shutterstock.com

Beri Komentar