Saat Pulang Kerja, Orang Sukses Biasanya Melakukan Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 15 Juli 2017 08:01
Saat Pulang Kerja, Orang Sukses Biasanya Melakukan Ini
Mereka `berkaca` ketika jam pulang kantor.

Dream – Hari kerja telah berakhir dan saatnya pulang kerja. Saat itulah, karyawan mematikan komputer, mengambil kunci mobil, bergegas ke pintu, dan harus bermacet-macetan di jalan untuk pulang kerja.

Terdengar familiar? Anda tidak sendiri. Banyak dari kita yang merasa stres dan letih selama hari kerja. Faktanya, banyak dari kita yang tidak merampungkan pekerjaan. CareerBuilder menunjukkan bahwa 45 persen karyawan lembur. Sementara 49 persen lainnya mengecek atau menjawab e-mail setelah meninggalkan kantor.

Tapi, ini masalahnya. Kecuali Anda seorang manusia super, yang bisa dilakukan adalah menjalankan semua rutinitas sebelum tertatih-tatih kelelahan. Kita semua perlu waktu untuk bernapas dan mengisi tenaga.

Kabar baiknya, mengambil jeda sejenak dan merefleksikan hari kerja tidak hanya membantu menunda hari libur, tetapi juga meningkatkan kesehatan mental. Satu studi menunjukkan bahwa refleksi ini bisa meningkatkan pembelajaran di masa depan.

Hijab© shutterstock

Dilansir dari The Muse, Sabtu, 14 Juli 2017, ada tiga pertanyaan untuk merefleksikan diri—ini juga sering dilakukan oleh orang sukses.

Apa yang Baik untuk Saya Hari Ini?

Hari-hari Anda sibuk untuk menjawab e-mail, menghadiri rapat, dan mengerjakan setumpuk pekerjaan. Dengan kepadatan ini, sulit rasanya untuk mengapresiasi diri sendiri atas pekerjaan yang telah dilakukan.

Alangkah lebih baik mengambil waktu sejenak untuk memikirkan hal positif yang diperbuat selama bekerja, apakah berhasil mendapatkan klien atau proyek. Hal ini tidak hanya memberikan waktu yang dibutuhkan untuk mengenali kemajuan dan pencapaian, tetapi juga membuat Anda berada dalam pikiran yang jauh lebih positif dan percaya diri untuk hari kerja berikutnya.

Apa yang Bisa Ditingkatkan Besok?

Tentu saja ada ruang untuk ditingkatkan. Jarang, lho, orang yang mengatakan, “ Hari ini benar-benar hari yang sempurna”. Permasalahan tidak akan bisa selesai jika tidak ada keinginan untuk memperbaikinya.

Jika merasa ada masalah, cobalah untuk berpikir sejenak saat pulang kantor untuk mengevaluasi diri. Kira-kira adakah sesuatu yang harus diperbaiki keesokan harinya?

hijab© shutterstock

Apa Hal yang Harus Saya Lakukan Pertama Kali

Anda punya banyak tugas dan aktivitas yang harus dilakukan besok. Membuat skala prioritas justru mempersulit untuk mengetahui mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Nah, solusinya cobalah pikirkan satu hal yang paling ingin Anda kerjakan ketika tiba di kantor pada pagi hari. Dengan begitu, jelas sudah apa yang harus dikerjakan untuk keesokan harinya. (ism) 

Beri Komentar