Catat! Waktu Terbaik Membakar Kalori

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 9 Januari 2019 10:15
Catat! Waktu Terbaik Membakar Kalori
Tubuh akan membakar sekitar 10 persen kalori lebih banyak saat...

Dream - Banyak cara untuk membakar kalori. Bukan hanya berolahraga, tapi juga dengan mempertahankan tubuh dalam siklus alaminya. Termasuk menjaga pola tidur selalu teratur agar bobot tubuh tetap stabil.

Sebuah penelitian menemukan bahwa organ tubuh secara alami akan membakar sekitar 10 persen kalori lebih banyak saat menjelang sore dan malam hari.

Studi tersebut diterbitkan di Current Biology. Selain itu, jumlah kalori yang terbakar pada tubuh kamu sesungguhnya bervariasi selama sepanjang hari. Dikutip dari Evening Standard, para ilmuwan di Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School menemukan fakta tersebut.

" Faktanya melakukan hal yang sama pada satu waktu dalam sehari membakar lebih banyak kalori daripada melakukan hal yang sama di waktu yang berbeda," kata penulis utama penelitian, Kirzi-Marja Zitting.

Para peneliti menyatakan, temuan ini menjelaskan alasan gangguan pola tidur dan makan yang sering dialami orang yang bekerja di sesi malam, membuatnya cenderung menambah berat badan.

1 dari 1 halaman

Pembakaran kalori saat istirahat

Percobaan ini memakan waktu selama 37 hari. Tujuh peserta berada di laboratorium khusus tanpa jam, jendela, telepon, dan internet sehingga mereka tidak memiliki konsep waktu.

Mereka hanya diberitahu kapan harus pergi tidur dan bangun. Setiap malam, waktu disesuaikan empat jam lebih agar setara dengan melintasi zona waktu setiap hari selama beberapa minggu.

" Ini memungkinkan kami untuk mengukur tingkat metabolisme pada semua waktu biologis yang berbeda dalam sehari," ungka Jeanne Duffy, salah satu peneliti.

Duffy menambahkan, pembakaran kalori juga bukan hanya soal makan saja. Menurutnya, keteraturan dan kebiasaan makan dan tidur juga penting untuk kesehatan secara menyeluruh.


(sah,Laporan Giovani Dio/ Liputan6.com)

Beri Komentar