Sudah Cukupkah Kamu Konsumsi Vitamin C dalam Sehari?

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 8 Desember 2020 14:13
Sudah Cukupkah Kamu Konsumsi Vitamin C dalam Sehari?
Jangan sampai terlewat ya.

Dream - Saat ini kita memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Masyarakat yang semula terus berada di rumah, kini mulai beraktivitas di luar.

Selain harus mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan memakai masker, kita tetap harus menjaga pola makan seimbang.

Ketika menjalankan pola makan yang seimbang kita juga harus memastikan asupan vitamin kita terpenuhi, seperti vitamin C yang cukup agar kondisi badan tetap fit.

ilustrasi© Shutterstock

Vitamin C yang dikenal dengan sebagai asam askorbat, memiliki banyak khasiat untuk tubuh seperti antioksidan, mencegah peradangan, stres, bahkan anti bakteri.

Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc. dari Perhimpunan Nutrisi Indonesia, mengatakan bahwa sesuai anjuran Kementerian Kesehatan untuk Angka Kecukupan Gizi tahun 2019, kecukupan asupan vitamin C ditentukan berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Contohnya, laki-laki usia mulai 16 tahun sampai lebih dari 80 tahun adalah 90 mg per hari, sementara pada perempuan sebesar 75 mg per hari.

1 dari 4 halaman

Asupan vitamin C 200mg/hari

Untuk memberikan efek kesehatan yang optimal, kadar vitamin C dalam tubuh perlu dipertahankan. Selain itu, vitamin C juga merupakan zat gizi esensial yang harus diperoleh dari makanan sehari-hari.

Sebenarnya vitamin C dapat kita peroleh dari buah dan sayur, misalnya jambu biji yang mengandung vitamin C sebesar 125 mg/buah, jeruk (70 mg/buah), brokoli (80 mg) dan kembang kol (50 mg).

Profesor yang karib disapa Tati itu mengatakan bahwa konsumsi vitamin C dapat disesuaikan berdasarkan aktivitas yang dilakukan setiap hari.

“ Asupan vitamin C dari makanan bisa mencapai 200 mg/hari, tapi bila Anda termasuk anak muda yang aktif dan sering melakukan latihan fisik, jumlah tersebut belum bisa mencukupi. Setidaknya Anda membutuhkan suplementasi mulai dari 500-1,000 mg/hari untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan,” ujarnya pada Senin, 7 Desember 2020.

“ Yang banyak membutuhkan vitamin C adalah mereka yang sering mengonsumsi makanan yang tidak segar dan makanan yang tidak mengandung sumber vitamin C. Mereka yan g pola hidupnya tidak sehat, seperti tidak pernah berolahraga, merokok, dan sering meminum alkohol juga memerlukan asupan vitamin C yang cukup," lanjut Prof. Tati.

" Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu serta ditambah dengan polusi, vitamin C menjadi penting untuk menjaga kondisi tubuh,” tambahnya.

2 dari 4 halaman

Bisa disesuaikan kebutuhan

Minute Maid Indonesia© Instagram.com/minutemaid_id

Menurut Tati idealnya kita dianjurkan untuk mengonsumsi tiga porsi buah dan sayur, meski begitu semua dapat disesuaikan juga dengan kebutuhan diri masing-masing.

“ Bila dibutuhkan, kita dapat memperoleh vitamin C dari makanan dan minuman yang telah melewati proses penambahan mikronutrien. Misalnya seperti jus jeruk atau minuman yang mengandung jeruk dengan melihat label kemasannya untuk mengetahui kandungannya. Untuk dosis yang lebih tinggi, dianjurkan juga untuk mengonsumsi suplemen vitamin C,” ujar Tati.

Untuk membantu melengkapi kebutuhan anak muda akan vitamin C, Minute Maid Pulpy Orange hadir dengan sensasi kesegaran.

 

3 dari 4 halaman

Pastikan ada asupan vitamin c, ya..

Minute Maid Indonesia© Instagram.com/minutemaid_id

Minute Maid Pulpy Orange adalah Minuman Buah Jeruk yang merupakan sumber vitamin C, di mana setiap kemasan botol kecil (300mL) yang diminum dapat membantu memenuhi 25% kebutuhan harian akan vitamin C (22,5mg)2.

“ Selama kita beraktivitas di masa AKB, sangat penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan. Selain tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak sosial, kita juga perlu menjaga daya tahan tubuh melalui pola makan yang seimbang, ditambah dengan mengonsumsi vitamin C," ujar Fitriana Adhisti, Senior Brand Manager – Juice, PT Coca Cola Indonesia.

" Oleh karena itu, Minute Maid Pulpy Orange bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah asupan vitamin C yang praktis bagi para anak muda yang aktif,” tegasnya.

4 dari 4 halaman

Bagi-bagi Vitamin C Gratis di Tengah Pandemi

Dream - Jumlah tingkat kesembuhan kasus Covid-19 di Indonesia berada di peringkat ke 15 dari 219 negara di dunia. Dengan kasus sembuh sebesar 402,347 jiwa per 18 November 2020.

Melihat total akumulasi kasus terkonfirmasi sebanyak 478,720 kasus, dapat dikatakan tingkat kesembuhan di Indonesia meningkat sebanyak 84.0% dari kasus terkonfirmasi sebesar 60,870 jiwa.

Tingkat kesembuhan yang tinggi ini, menjadi harapan bagi para pasien positif yang masih dalam penanganan ataupun pasien tanpa gejala.

Melihat data tersebut, membuat IUIGA, perusahaan alat rumah tangga premium, ingin memberikan perhatian lebih. Caranya, dengna memperhatikan dan menjaga kesehatan para pelanggannya.

Karena dalam kondisi saat ini, selain menjaga kebersihan dan menjaga jarak, ketahanan daya tubuh juga diperlukan. IUIGA bekerjasama dengan Konimex untuk membagikan Vitamin C kepada para seluruh pelanggan.

" Kami merasa harus mengambil andil dalam menjaga kesehatan para pelanggan kami. Dimulai dari yang paling sederhana, kami akan membagikan vitamin C di setiap pembelian produk IUIGA tanpa minimum pembelanjaan," ujar William Firman, Managing Director IUIGA Indonesia, dalam keterangan tertulis, Kamis 19 November 2020.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar