Amalan Sunah Pembeda Wanita dan Pria saat Sholat

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 27 Maret 2018 07:00
Amalan Sunah Pembeda Wanita dan Pria saat Sholat
Ternyata, sunah antara wanita dengan pria dalam sholat berbeda.

Dream - Setiap Muslim terkena kewajiban sholat. Tidak peduli apakah dia pria atau wanita, selama sudah baligh maka wajib hukumnya melaksanakan sholat.

Tetapi, ternyata ada beberapa sunah dalam sholat yang membedakan antara wanita dengan pria. Hal ini dibahas oleh Syeikh Mustafa Al Khan dan Syeikh Mustafa Al Bagha dalam kitab Al Fiqh Al Manhaji ala Mazhab Al Syafi'i.

Sunah pertama, wanita melaksanakan sujud dengan menempelken sebagian anggota tubuhnya dengan yang lainnya.

Contohnya, siku-siku tangan ditempelkan pada lambungnya dan perutnya menempel pada kedua pahanya.

Pada pria, sunahnya adalah menjauhkan siku-sikunya dari lambung. Kemudian, disunahkan bagi pria untuk mengangkat perutnya agar tidak menyentuh kedua pahanya.

Dasarnya adalah hadis riwayat Baihaqi.

" Rasulullah SAW. melewati dua perempuan yang sedang melaksanakan sholat, beliau pun mengatakan, " Jika kalian berdua sujud kemudian menempelkan sebagian anggota tubuh kepada bumi, maka sesungguhnya (sujudnya) perempuan tidaklah demikian, yang seperti laki-laki."

Hadis tersebut kemudian menjelaskan perbedaan cara sujud wanita dengan pria. Pria mengangkat tubuhnya ketika sujud, sedangkan wanita menghimpitkan badannya.

Kedua, wanita dianjurkan untuk melirihkan suaranya ketika sholat berjemaah bersama para pria bukan mahram. Contohnya ketika membaca 'amin' usai imam membaca Al Fatihah.

Dasarnya adalah Surat Al Ahzab ayat 32.

" Maka janganlah kamu tunduk (melemah lembutkan suara) dalam berbicara, sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya."

Sedangkan bagi pria, disunahkan untuk mengeraskan suaranya.

Amalan sunah berikutnya adalah apabila wanita ingin mengingatkan imam yang sedang terlupa, dia dianjurkan menepukt tangan dengan memukulkan telapak tangan kanan ke punggung tangan kiri.

Sedangkan pada pria, disunahkan membaca tasbih, namun tidak diniatkan untuk mengingatkan. Niatnya sebatas berzikir dan tidak ada niat lain selain zikir.

Selengkapnya...

Beri Komentar