Pesepakbola Muslim Jadi Pemain Termahal Dunia

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 9 Agustus 2016 12:27
Pesepakbola Muslim Jadi Pemain Termahal Dunia
Nilai transfer untuk mengangkut pemain ini mencapai 105 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun.

Dream - Setelah lama tersiar kabar, akhirnya Pesepakbola Muslim asal Perancis, Paul Pogba, 23 tahun, resmi merumput di Liga Primer Inggris. Dia akan kembali ke klub lamanya, Manchester United, dan meninggalkan klubnya saat ini, Juventus.

Tetapi, ada kabar lebih mengejutkan. Kepindahan Pogba dari Juventus ke Manchester United mencatatkan nilai transfer yang membuat mata terbelalak, mencapai 105 juta euro, setara 89,3 poundsterling atau US$116,4 juta atau Rp1,5 triliun.

Nilai penjualan ini bisa naik karena Juventus menambahkan klausal perjanjian tambahan uang 5 juta euro atau Rp72 miliar dalam dua tahun ke depan.

Nilai transfer ini disebut tertinggi di dunia mengalahkan rekor transfer yang dibayar Real Madrid kepada Tottenham untuk menarik Gareth Bale pada 2013 lalu. Kepindahan Bale ditaksir senilai 100 juta euro, setara Rp1,4 triliun.

Saat Pogba bergabung dengan Juventus, Manchester United hanya mendapat kompensasi sebesar 800.000 poundsterling, setara Rp13 miliar. Orang Perancis ini cepat membuktikan dirinya sebagai pemain kunci, membantu Bianconeri menjuarai Serie A empat kali dan Coppa Italia dua kali.

Pogba hanya tampil sebanyak tujuh kali untuk Manchester pada debut perdananya di Liga Primer Inggris, semuanya terjadi pada musim kompetisi 2011-2012. Itu termasuk tiga kali di Liga Primer, tiga kali di Capital One Cup, dan satu kali di Liga Eropa.

Dalam semua pertandingan tersebut, Pogba bermain sebagai pengganti di babak kedua. Dia memutuskan untuk pergi saat kontraknya usai dan merasa gagal masuk dalam jajaran utama pemain rancangan Sir Alex Ferguson.

Dia kembali ke Manchester setelah kontrak lima tahun, dengan opsi memperpanjang kesepakatan untuk musim tambahan.

" Saya senang bisa bergabung kembali dengan Manchester United. Ini akan tetap menjadi klub yang punya tempat khusus di hati saya dan saya sungguh melihat ke depan untuk bekerja bersama Jose Mourinho," ujar Pogba, dikutip dari espnfc.com, Selasa, 9 Agustus 2016.

" Saya sangat menikmati waktu saya di Juventus dan punya kenangan fantastik tentang klub besar dengan para pemain yang saya anggap sebagai teman,"

" Tapi saya merasa sudah saatnya kembali ke Old Trafford. Saya selalu menikmati bermain di hadapan para pendukung dan tak bisa menunggu unutk memberikan kontribusi pada tim. Ini adalah klub yang tepat bagi saya untuk meningkatkan semua harapan saya di permainan," kata Pogba.

Pogba tiba di tempat latihan Manchester United kemarin. Sebelum resmi menjadi pemain Setan Merah, Pogba telah lulus dari pemeriksaan medis tim sepakbola ternama Inggris itu. (Sah)

Sumber: espnfc.com

Beri Komentar