Wanita Haid Dibolehkan Masuk Masjid?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 3 Januari 2018 16:00
Wanita Haid Dibolehkan Masuk Masjid?
Masjid terlarang dimasuki oleh orang yang sedang janabah.

Dream - Sudah menjadi pemahaman bersama, masjid terlarang dimasuki oleh orang yang dalam keadaan janabah. Salah satunya yaitu wanita haid.

Tetapi, ternyata ada sebagian masyarakat yang menganggap wanita haid boleh masuk masjid di saat tertentu. Misalnya, saat pada sebuah acara yang ternyata mengharuskan masuk ke dalam masjid.

Lantas bagaimana pandangan ini dilihat dari kaidah syariat?

Menurut Ustaz Ahmad Sarwat, sebagaimana dikutip laman Rumah Fiqih Indonesia, ulama membolehkan wanita haid masuk masjid, namun jika hanya melintas. Artinya, tidak berlama-lama atau sampai duduk-duduk di dalam masjid.

Hal ini seperti disebutkan dalam Surat An Nisa ayat 43.

" Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi."

Kata 'berlalu' dalam ayat di atas dimaknai sebagai bentuk keterpaksaan karena sebab tertentu. Sebagai misal, ada penghalang yang memaksa orang untuk memotong jalan dengan melintasi masjid.

Atau bisa karena wanita haid tersebut harus meletakkan sesuatu di dalam masjid. Begitu benda itu sudah diletakkan, maka dia diharuskan segera keluar masjid.

Meski ada kebolehan, tetap harus dipahami bahwa hal itu karena keterpaksaan. Kita tidak boleh memudah-mudahkan sesuatu yang hukumnya sudah ditetapkan.

Terkait kaidah dharurat, hal ini tetap tidak bisa dijadikan alasan. Kecuali jika terjadi bencana yang menjadikan masjid sebagai satu-satunya tempat menyelamatkan diri, maka barulah wanita haid dibolehkan masuk ke dalamnya.

Selengkapnya baca di sini...

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary