Cara Efektif Melawan Virus Corona di Rumah Menurut Para Ahli

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 23 Maret 2020 19:24
Cara Efektif Melawan Virus Corona di Rumah Menurut Para Ahli
Ayo isi waktu #dirumahaja dengan membasmi virus corona.

Dream - Virus corona baru, Covid-19, saat ini sudah menginfeksi kurang lebih 192 negara di dunia. Para ahli dan ilmuwan masih berusaha meneliti segala hal yang berhubungan dengan virus ini.

Selain meneliti vaksin antivirusnya, para ahli turut meneropong disinfektan yang dapat membasmi virus tersebut.

Ilustrasi masker mulut© shutterstock.com

Dilansir Web MD, menurut para ahli, ada beberapa cara efektif untuk membunuh virus corona di rumah.

" Tidak banyak penelitian ilmiah yang menanyakan brand disinfektan mana yang paling efektif untuk digunakan melawan virus corona baru," kata Siobain Duffy, profesor ekologi di Rutgers University, New Brunswick, NJ, yang mengambil konsentrasi Emerging Virus.

Ia menambahkan, para ilmuwan berasumsi bahwa disinfektan yang ampuh melawan virus MERS dan SARS, dapat juga bekerja melawan COVID-19.

1 dari 4 halaman

Bersihkan tempat-tempat yang sering didatangi

Tetapi para ahli juga menunjukkan bahwa masing-masing bahan kimia disinfektan memiliki instruksi yang spesifik.

" Aturan umum yang penting adalah bahwa jangan terburu-buru untuk membersihkan disinfektan setelah digunakan, diamkan cukup lama untuk membunuh virus terlebih dahulu," kata Donald Schaffner yang merupakan seorang profesor dan ahli mikrobiologi makanan di Rutgers University.

ilustrasi disinfektan© shutterstock.com

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS merekomendasikan untuk menggunakan disinfeksi setiap hari pada permukaan benda yang sering disentuh seperti meja, gagang pintu, saklar lampu, countertops (meja dapur), telepon, keyboard, toilet, keran dan wastafel.

Pencegahan lainnya bisa kamu deteksi anggota keluarga yang tinggal serumah memiliki gejala seperti flu, segeralah untuk mendisinfeksi rumah secara rutin, karena virus corona terbukti bertahan selama 16 jam pada plastik.

2 dari 4 halaman

Pakai cairan pemutih

Jangan pernah gunakan brand pembersih yang berbeda secara bersamaan. Beberapa bahan kimia rumah tangga, jika dicampur, dapat menciptakan gas berbahaya dan beracun.

Jika menggunakan pemutih, gunakan seperempat cangkir untuk segalon air dingin, tetapi pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label suatu produk yang kamu pakai.

" Encerkan larutan pemutih sesuai kebutuhan dan gunakan dalam waktu 24 jam, karena jika lebih dari itu, kekuatan disinfeksinya akan berkurang," kata Duffy dan Schaffner.

 

3 dari 4 halaman

Jangan lupa juga pakai alkohol

Barang-barang yang tidak keropos seperti mainan plastik, dapat dicelupkan ke dalam pemutih selama 30 detik.

Kenapa harus pakai larutan pemutih untuk bersihkan barang-barang?

Larutan pemutih bersifat keras pada kulit, jadi jangan gunakan itu sebagai pengganti sabun cuci tangan atau hand sanitizer, ya, Sahabat Dream.

ilustrasi hand sanitizer© shutterstock.com

Lalu, bagaimana dengan alkohol?

" Alkohol memiliki banyak jenis, termasuk rubbing alcohol, yang dapat membunuh kuman. Cairkan alkohol dengan air (atau lidah buaya untuk membuat pembersih tangan) tetapi pastikan untuk menjaga konsentrasi alkohol sekitar 70 persen, agar dapat membunuh virus corona," kata Duffy dan Schaffner.

Bagaimana cara kerjanya?

Alkohol 70 persen harus didiamkan pada permukaan selama 30 detik (termasuk ponsel), untuk memastikan dapat membunuh virus. Pastikan kamu tahu bahwa alkohol murni (100 persen) akan menguap terlalu cepat jika didiamkan pada permukaan terbuka.

" Larutan alkohol 70 persen yang dicampur air, bersifat keras di tangan dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti untuk mencuci tangan atau sebagai pembersih tangan," kata Duffy dan Schaffner.

4 dari 4 halaman

Say no untuk cuka & tea tree oil

Lain halnya dengan hidrogen peroksida yang dijual dalam konsentrasi sekitar 3 persen. Encerkan dengan yang konsentrasi 0,5 persen agar lebih efektif terhadap virus, lalu biarkan di permukaan selama satu menit sebelum dilap.

Bahan kimia alami seperti cuka dan tea tree oil tidak dianjurkan untuk memerangi Virus Corona.

ilustrasi disinfektan© shutterstock.com

Laporan: Raissa Anjanique

Beri Komentar