Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Manfaat Bangun Pagi Buat Fisik dan Mental yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

8 Manfaat Bangun Pagi Buat Fisik dan Mental yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Manfaat Dari Bangun Pagi (Foto Ilustrasi: Freepik.com)

Dream – Ada sebagian orang yang memilih untuk bangun pagi karena alasan ingin menghirup udara yang segar di pagi hari, ingin berangkat kerja atau sekolah lebih awal karena lokasi yang jauh, hingga ingin berolahraga. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa bangun pagi bisa mendekatkan pada kesuksesan.

Dengan bangun lebih pagi Sahabat Dream tentu akan menjalani aktivitas tanpa perlu tergesa-gesa dan bisa membuat persiapan lebih baik. Apalagi jika kamu hendak beraktivitas di luar. Di samping itu, manfaat dari bangun pagi ternyata juga sangatlah bagus dari segi kesehatan. Baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Seperti dikutip dari klikdokter.com, melalui sebuah penelitian dari Universitas Toronto, Kanada, yang dilakukan survei pada 700 orang dengan usia 17 hingga 79 tahun, membuktikan bahwa orang-orang yang bangun pagi memiliki perasaan lebih bahagia dan kesehatannya lebih baik daripada mereka yang sering begadang.

Nah, untuk mengetahui secara lebih lengkap apa saja manfaat dari bangun pagi, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui bola.com.

Manfaat dari Bangun Pagi

Manfaat dari Bangun Pagi

Menjadi Awal yang Baik untuk Beraktivitas

Manfaat dari bangun pagi yang pertama adalah menjadi awal yang baik untuk beraktivitas. Hal ini karena saat sahabat Dream bangun pagi, maka masih memiliki waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan segala sesuatu sebelum beraktivitas. Misalnya saja mereka yang mempersiapkan diri untuk sekolah atau untuk bekerja.

Bayangkan saja jika bangun siang, maka segala sesuatunya akan dilakukan secara terburu-buru. Bahkan bisa saja ada barang pentingmu yang seharusnya dibawa, justru tertinggal di rumah. Dengan persiapan yang baik, maka aktivitas yang kamu jalani di hari tersebut juga bisa berjalan lebih lancar dan mudah.

Sarapan Tidak Terburu-buru

Ketika sahabat Dream bangun kesiangan dan hari itu harus berangkat kerja atau sekolah, tentu akan sangat terburu-buru. Kamu pun tidak bisa tenang ketika sarapan, bahkan ada juga yang sampai tidak sempat sarapan. Sedangkan jika kamu bangun pagi, kamu memiliki waktu yang cukup untuk bisa sarapan tanpa terburu-buru.

Mengingat bahwa sarapan sendiri sangatlah penting. Ini menjadi pengisi energimu sebelum beraktivitas hingga sore hari. Jika kamu tidak sarapan, maka tenagamu tidak akan terisi penuh. Bahkan dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa jika tidak sarapan pagi, hal ini berhubungan dengan asupan makanan yang lebih banyak dan tidak sehat untuk di siang harinya.

Menjadi Lebih Bahagia

Manfaat dari bangun pagi bisa membuat hidup menjadi lebih bahagia. Hal itu pun telah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Dan hasilnya menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi lebih bahagia daripada orang yang malamnya sering begadang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika malam hari bisa tidur lebih cepat dan bangun pagi untuk merasakan udara yang segar.

Merasa Lebih Tenang

Manfaat dari bangun pagi juga bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang. Hal ini pun telah dilakukan survei dan membuktikan bahwa sebagian besar orang yang bangun pagi akan lebih tenang. Hal ini karena di pagi hari belum banyak orang yang melakukan aktivitas. Sehingga ini bisa mengurangi adanya distraksi.

Saat bangun pagi, sahabat Dream akan merasa lebih rileks dan tenang. Bahkan karena bisa bangun pagi, kamu memiliki kesempatan yang lebih panjang untuk bisa menyelesaikan apa yang harus kamu lakukan. Sehingga pekerjaanmu pun bisa lebih cepat beres.

Manfaat dari Bangun Pagi

Manfaat dari Bangun Pagi

Memiliki Waktu untuk Berolahraga

Manfaat dari bangun pagi memang sangat baik untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah berolahraga. Karena menerapkan pola hidup sehat tidak hanya sekedar mengonsumsi makanan sehat dan istirahat cukup saja. Tetapi juga harus diimbangi dengan berolahraga.

Nah, jika kamu bangun pagi, kamu masih memiliki waktu untuk olahraga terlebih dahulu. Dari survey yang dilakukan, olahraga pagi bisa memberikan efek membangunkan, sehingga kamu pun bisa lebih proaktif untuk memulai hari. Selain itu proses sirkulasi di seluruh tubuh juga menjadi lebih lancar karena olaharaga yang dilakukan. Jadi, usahakan untuk konsisten bangun pagi ya, sahabat Dream.

Membuat Mood Lebih Baik

Bangun pagi akan membuat mood sahabat Dream lebih baik. Apalagi dari pagi hingga sore kamu akan dihadapkan pada berbagai aktivitas. Sehingga mood yang baik sangatlah dibutuhkan untuk mendukung kelancaran aktivitas yang kamu lakukan.

Secara alami, ritme sirkadian tubuh adalah bangun saat terbitnya matahari dan tidur ketika hari sudah gelap. Sehingga, dengan bangun pagi akan lebih sinkron dengan sistem pengaturan tubuh. Jika tubuh segar, maka ini juga akan membuat mood menjadi lebih baik.

Terhindar dari Stres

Manfaat dari bangun pagi ampuh menghindarkan sahabat Dream dari stres yang berlebihan. Di mana stres ini bisa disebabkan dari berbagai faktor. Namun dengan bangun pagi, maka kamu akan dihindarkan dari hal-hal yang bisa memancing stres. Misalnya saja stres karena macet di jalan atau pun terlambat.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa stres yang berlebihan bisa meningkatkan hormon kortisol yang ada di tubuh. Di mana itu memberikan dampak negatif pada kesehatan.

Menjauhkan dari Depresi

Tidak hanya menghindarkan dari stres saja. Manfaat dari bangun pagi juga bisa menjauhkan dari depresi. Hal ini telah dilakukan penelitian melalui sebuah studi Journal of Psychiatric Research yang membuktikan bahwa bangun pagi pada pukul 06.00 atau lebih pagi lagi, maka akan memiliki 25 persen lebih kecil mengalami depresi daripadai orang yang biasanya tidur larut malam.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sulit Bangun Tidur di Pagi Hari? Jangan Khawatir, 4 Tips Mudah Ini Bisa Jadi Solusi Ampuhnya

Sulit Bangun Tidur di Pagi Hari? Jangan Khawatir, 4 Tips Mudah Ini Bisa Jadi Solusi Ampuhnya

Bangun di pagi hari jadi hal sulit untuk beberapa orang. Tapi, 4 tips jitu ini bisa diterapkan sebagai solusinya.

Baca Selengkapnya
5 Trik Biasakan Bangun Pagi, Buat yang Ingin Jadi Morning Person

5 Trik Biasakan Bangun Pagi, Buat yang Ingin Jadi Morning Person

Banyak orang percaya jika orang sukses memiliki jam tidur yang lebih sedikit dan bangun lebih awal dibanding orang lain.

Baca Selengkapnya
Tidur Bisa Lelap dan Mental Lebih Sehat dengan Jalan Kaki, Lakukan Rutin Yuk!

Tidur Bisa Lelap dan Mental Lebih Sehat dengan Jalan Kaki, Lakukan Rutin Yuk!

Aktivitas fisik ini membantu mengatur ritme tubuh sehingga membuat kita lebih mudah tertidur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Olahraga Pagi yang Bikin Tubuh Jadi Lebih Berenergi

5 Olahraga Pagi yang Bikin Tubuh Jadi Lebih Berenergi

Rutinitas olahraga pagi tentu dapat meningkatkan semangat dan energi sepanjang hari. Berikut adalah 5 rekomendasi olahraga pagi yang bisa Sahabat Dream coba.

Baca Selengkapnya
Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Umur panjang dan badan bugar menjadi dambaan setiap orang. Ubah pola hidup agar mendapat umur yang panjang dan tubuh sehat.

Baca Selengkapnya
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya