4 Pola Makan yang Bikin Susah Tidur

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 4 Februari 2021 17:12
4 Pola Makan yang Bikin Susah Tidur
Hentikan kebiasaan makan atau minum berikut ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur.

Dream - Meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur merupakan masalah yang dialami banyak orang. Meskipun sebagian orang merasa sangat mudah tertidur, namun sebagian lainnya justru kesulitan untuk tidur di malam hari.

Akhirnya, kurangnya waktu dan rendahnya kualitas tidur membuatmu sulit fokus. Kesulitan tidur bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup seperti pola makan.

Oleh karena itu, kamu perlu memperbaiki waktu dan pemilihan makanan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas tidur.

Dilansir dari Eat This, berikut tips meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur dengan memperbaiki pola makan.

1 dari 2 halaman

Mengonsumsi banyak makanan 3-4 jam sebelum tidur

Hindari mengonsumsi makanan 3-4 jam sebelum tidur agar tidak mengganggu waktu tidur. Makan dapat meningkatkan suhu tubuh dan mengaktifkan saluran pencernaan.

Sedangkan kunci tidur nyenyak dan nyaman adalah memiliki suhu tubuh yang cukup rendah. Jika lapar di malam hari, konsumsilah sedikit makanan agar tidak mengganggu kualitas serta kuantitas tidur.

Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur

Makanan pedas dapat mengaktifkan fungsi otak dan membuat tidurmu kurang nyenyak. Akhirnya, kualitas tidur pun berkurang dan kamu mudah terbangun.

Minum kopi setelah makan siang

Kafein pada kopi memberikan efek yang berbeda-beda ketika dikonsumsi di waktu pagi, siang dan sore. Jika dikonsumsi pagi hari, kafein pada kopi dapat berdampak baik bagi tubuh.

Tapi jika dikonsumsi di siang hari, kafein dapat memicu zat kimia yang disebut adenosin untuk membuatmu mengantuk. Sehingga, kamu bisa terbangun lebih lama di malam hari.

Begitu juga ketika mengonsumsi kopi di malam hari. Kafein dapat menghambat fungsi adenosin dan membuatmu lebih sulit tertidur.

2 dari 2 halaman

Makan cokelat sebelum tidur

Ilustrasi tidur© shutterstock.com

Sama dengan kopi, cokelat juga mengandung kafein yang dapat menghambat fungsi adenosin. Sehingga, kamu lebih sulit tidur di malam hari.

Konsumsilah cokelat di pagi atau siang hari dengan jumlah yang tidak terlalu banyak agar tetap baik untuk kesehatan dan tidak berdampak buruk pada kualitas tidur serta berat badanmu.

 

Beri Komentar