Anak Hasil di Luar Pernikahan Tak Dapat Warisan?

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 6 November 2017 19:02
Anak Hasil di Luar Pernikahan Tak Dapat Warisan?
Si anak mengaku sebagai keturunan seseorang meski dari hubungan gelap, Berhakkah dia atas warisan ayahnya?

Dream - Kasus anak hasil hubungan gelap atau zina meminta warisan kepada keluarga sang ayah terjadi di masyarakat. Alasannya, dia lahir dari bibit pasangan tanpa proses pernikahan.

Meski begitu, si anak mengklaim dia juga memiliki hak atas warisan. Karena dia juga anak kandung dari pasangan orangtua yang bersangkutan meski tidak secara sah.

Terkait hal ini, bagaimana pandangan ulama?

Dikutip dari laman konsultasi syariah, ulama menyatakan anak hasil zina tidak tersambung nasabnya kepada sang ayah. Sebab zina adalah bathil, sehingga tidak ada hak pewarisan.

Kaidah ini seperti dalam hadis riwayat Ahmad, Abu Daud, dari Abdullah bin Amru bin Ash.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memutuskan bahwa anak dari hasil hubungan dengan budak yang tidak dia miliki, atau hasil zina dengan wanita merdeka tidak dinasabkan ke bapak biologisnya dan tidak mewarisinya…

Imam Nawawi memberikan penjelasan terkait masalah ini dalam kitab Syarh Shahih Muslim.

" Ketika seorang wanita menikah dengan lelaki atau seorang budak wanita menjadi pasangan seorang lelaki, maka wanita tersebut menjadi firasy (pasangan resmi) bagi si lelaki. Selanjutnya lelaki ini disebut 'pemilik firasy'. Selama sang wanita menjadi firasy lelaki maka setiap anak yang terlahir dari wanita tersebut adalah anaknya. Meskipun bisa jadi, ada anak yang tercipta dari hasil selingkuh yang dilakukan istri dengan laki-laki lain. Sedangkan laki-laki selingkuhannya hanya mendapatkan kerugian, artinya tidak memiliki hak sedikitpun dengan anak hasil perbuatan zinanya dengan istri orang lain."

Selengkapnya...

Beri Komentar