Perlakuan Kepada Orang Baru Meninggal

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 22 Januari 2018 07:00
Perlakuan Kepada Orang Baru Meninggal
Dianjurkan untuk menjalankan amalan ini ketika berada di dekat orang yang baru meninggal.

Dream - Mungkin ada sebagian dari kita pernah mendapat kabar kematian seseorang secara mendadak. Kita terkejut lantaran beberapa saat sebelumnya sempat berbincang dengan orang yang dimaksud.

Begitulah kematian, yang merupakan salah satu rahasia Allah SWT. Datangnya tidak pernah bisa diprediksi.

Kematian juga datang kepada siapa saja. Tidak peduli apakah orang itu sakit, sehat, tua, muda, pada akhirnya akan meninggalkan dunia.

Lalu, bagaimana jika kita berada di samping orang yang sedang menuju mati?

Dikutip dari laman Nahdlatul Ulama, para ulama membahas persoalan ini dalam sejumlah kitab. Dalam kitab Al Fiqhul Manhaji, Musthafa Al Khin menjelaskan ada empat amalan yang perlu dilakukan ketika mendapati seseorang baru saja meninggal.

Pertama, yang harus dilakukan adalah memejamkan mata si mayit dan mengikat dagunya dengan serban agar mulutnya tidak terus terbuka. Mata yang terbuka karena pandangan orang meninggal itu tertuju pada keluarnya ruh dari dalam tubuh.

Hal ini dijelaskan dalam riwayat Muslim.

Rasulullah masuk menemui Abu Salamah (yang baru meninggal) dalam keadaan matanya terbelalak, maka beliau memejamkannya, kemudian beliau bersabda, " Sesungguhnya ruh itu bila dicabut maka pandangan mata akan mengikutinya."

Ke dua, melemaskan persendian-persendian orang tersebut. Lengan bawah dilemaskan dengan ditekuk dan dijulurkan ke lengan atas. Demikian pula dengan kedua kakinya.

Ke tiga, meletakkan benda berat di atas perut mayit agar tidak menggembung, disunahkan untuk menutup semua badan mayit dengan kain tipis.

Ke empat, disunahkan melepaskan semua pakaian yang dikenakan mayit dan meletakkannya di ranjang atau tempat lebih tinggi dari tanah.

Selengkapnya...

Beri Komentar