Mengapa di Depan Anak Orang Tua Harus Menjaga Kata

Reporter : Ramdania
Sabtu, 3 Oktober 2015 10:01
Mengapa di Depan Anak Orang Tua Harus Menjaga Kata
Kehidupan anak akan bergantung cara orang tuanya bertutur.

Dream - Orang tua adalah sosok yang selalu ada di samping buah hatinya. Setiap kata-kata orang tua akan selalu diingat dan ditiru anak-anak. Untuk itu orang tua harus membimbing anak-anak untuk fokus pada jalan positif dan membuat mereka nyaman dalam hidupnya.

Dalam beberapa kasus orang tua justru melakukan hal-hal yang membuat anak merasa salah dengan segala tindakannya. Padahal orang tua harus memberikan dorongan dan semangat melalui kata-kata yang lembut dan menyenangkan.

Seperti dikutip dari Gulf News, Sabtu, 2 Oktober 2015, mengatakan anak bodoh atau menyebut mereka pemimpi, misalnya, akan membuat mereka merasa 'bersalah' dalam segala hal. Mereka akan merasa ditolak dan dikelilingi oleh dinding-dinding yang dibuat oleh orang tuanya sendiri.

Sebagian besar orang tua, dengan semua niat baik, berusaha untuk menunjukkan kelemahan anak-anaknya agar mereka bisa menyadari kesalahan. Tetapi orang tua harus ingat bahwa kata-kata bisa mengubah kehidupan anak-anaknya.

Orang tua mungkin bertanggung jawab atas banyak hal negatif yang diderita anaknya. Jadi jika seorang anak tidak bisa mengelola waktu dengan baik dan sering terlambat ke sekolah, ajak mereka duduk bersama dan diskusikan cara untuk mengatasinya.

Menjadi orang tua adalah peran yang penuh tanggung jawab. Tidak ada sekolah dan perguruan tinggi yang memberikan pelajaran tentang menjadi orang tua.

Kendati demikian, orang tua harus selalu ingat bahwa mereka juga pernah menjadi anak. Mereka bisa mengambil pelajaran positif dari masa-masa tersebut untuk dijadikan referensi dalam mendidik anak-anaknya.

Orang tua juga bisa meminta bantuan orang lain, misal teman atau seorang profesional. Lebih baik mendapat bantuan di awal daripada terlambat memperbaiki kesalahan yang mungkin tidak bisa diperbaiki.

Beri Komentar
Summer Style 2019