Cegah Gangguan Penglihatan dengan Teknik 20-20-20, Apa Itu?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 2 Mei 2018 06:39
Cegah Gangguan Penglihatan dengan Teknik 20-20-20, Apa Itu?
Jangan langsung percaya anggapan warna tertentu bisa membuat mata lebih rileks.

Dream - Mata adalah jendela dunia. Dengan mata kita bisa melihat dunia, menikmati keindahan alam, dan tentu orang tersayang. Tapi apa yang terjadi jika mata mengalami gangguan?

Panca indera kita tentu takkan berfungsi normal. Pandangan menjadi kabur dan buram. Yang paling ringan, kita mengalami gangguan penglihatan seperti mata minus, plus atau silinder.

Zoraya Ariefia Feranthy, Dokter Spesialis Mata mengatakan kebiasaan melihat layar terlalu sering, membaca saat gelap atau sambil tidur selama ini dituding sebagai penyebab mata rabun.

" Membaca dengan posisi tidur membuat orang secara tidak langsung, terlalu dekat dengan layar atau bacaannya. Padahal, jarak minimal mata untuk melihat 30 sentimeter," ujar Zoraya di Tjikini Lima, Senin 30 April 2018.

 Zoraya Ariefia Feranthy© Cynthia Amanda Male

(Foto: Cynthia Amanda Male/Dream)

Selain menjaga jarak pandang, Zoraya menyarankan untuk mengistirahatkan mata. Caranya mudah, lakukan dengan teknik 20-20-20.

" Saya selalu bilang pada pasien untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit, melihat sesuatu berjarak 20 kaki selama 20 detik. Pokoknya, melihat sesuatu berjarak enam meter," katanya.

Zoraya membantah fakta jika warna tertentu bisa membuat mata lebih rileks. Dokter muda ini menyarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bermanfaat untuk mata seperti wortel, bayam dan tomat.

Agar mata kamu lebih rileks, ada baiknya coba lakukan tips dari Zodaya.

(Sah)

 

1 dari 1 halaman

5 Prosedur yang Wajib Diketahui Sebelum Lasik

Dream - Kacamata dan kontak lensa jadi pilihan mudah mengatasi gangguan penglihatan, seperti minus, plus atau silinder. Namun seiring perkembangan zaman, Lasik bisa jadi alternatif.

Lasik atau Laser Assisted In Situ Keratomileusis ini bisa menyembuhkan gangguan tersebut secara permanen. Meski dikenal ampuh, biaya dan prosesnya membuat masih banyak masyarakat yang batal menggunakan teknik pengobatan ini. 

untuk kamu yang ingin menjalani Lasik, perlu harus memenuhi syarat kondisi fisik dan psikis sebagai berikut:

Gangguan Refraksi Stabil

Pada beberapa orang, gangguan penglihatan biasa disebut gangguan refraksi, bisa meningkat seiring pertumbuhan badannya. Apalagi mereka yang masih berusia di bawah 18 tahun.

Ukuran minus, plus maupun silinder masih belum stabil. Terkadang ukuran itu bisa bertambah 6-12 bulan sekali. Sebelum ukuran gangguan pada mata makin meningkat, disarankan untuk memeriksakan gangguan refraksi sebelum dan sesudah Lasik.

" Disarankan untuk berusia 18 tahun. Tapi, kadang orang berusia di bawah 25 tahun pun masih bertambah. Jadi, hal-hal tersebut dipastikan," ujar Sophia Pujiastuti, Founder SILC LASIK Center di Tjikinii Lima, Senin 30 April 2018.

Mata Sehat

Seperti prosedur operasi pada umumnya, pasien Lasik wajib dalam kondisi fisik yang sehat. Tidak hanya itu, pasien juga dianjukan untuk memulihkan terlebih dahulu penyakit turunan yang diidap.

" Kalau mata sedang infeksi, harus dihilangkan dulu infeksinya. Sedangkan, kalau pasien sudah operasi katarak tidak perlu LASIK karena sudah dipakaikan lensa tanam. Jadi, setidaknya minusnya di bawah 1," jelasnya.

Tekanan Bola Mata Stabil

Tekanan bola mata yang stabil memudahkan untuk proses operasi. Ini dibutuhkan karena proses Lasik yang berlangsung sekitar 30 menit membutuhkan bola mata stabil agar laser yang ditembakkan tepat mengenai retina yang bertugas menangkap cahaya.

Ketebalan Kornea Cukup

Ketebalan kornea sangat menentukan bisa atau tidaknya seseorang untuk dioperasi. Lasik hanya bisa dilakukan untuk mereka yang memiliki gangguan mata minus 1-13, silindris 1-5 dan plus 1-4.

" Kita membatasi ukuran minus, plus dan silinder karena terkadang korneanya tidak cukup untuk proses operasi. Makanya, perlu diperiksa ketebalannya terlebih dahulu," jelasnya.

Air Mata Normal

Kondisi air mata yang terlalu kering bisa menyebabkan kendala setelah Lasik karena proses operasinya menyebabkan mata kering. Jadi, sebelumnya dilakukan pemeriksaan air mata sebelum direkomendasikan untuk Lasik.

(Sah)

Beri Komentar