Pertanda Saat Tubuh Kekurangan Cairan, Kenali Sinyalnya

Reporter :
Minggu, 26 Mei 2019 08:00
Pertanda Saat Tubuh Kekurangan Cairan, Kenali Sinyalnya
Kenali sinyal tubuh, segera perbanyak konsumsi cairan.

Dream - Menjalani ibadah puasa, Sahabat Dream jangan lupa memperhatikan sinyal tubuh. Salah satu keluhan yang kerap dialami adalah dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan.

Sebenarnya jika kamu sadari tubuh akan memberikan 'pemberitahuan' kalau merasa sedang membutuhkan konsumsi cairan.

Ingat rumus 2-4-2. Minum dua gelas saat berbuka, dua gelas lagi sebelum tarawih, dua gelas sesudah salat lalu dua gelas saat sahur. Perbanyak juga konsumsi buah kata air seperti melon dan semangka.

Jika muncul tanda-tanda berikut, berarti kamu harus lebih banyak lagi minum air atau makan buah untuk memenuhi kebutuhan cairan.

- Kulit terasa kering

Coba sentuh kulit, jika terasa kasar dan kering, tubuh berarti kekurangan cairan. Cubit sedikit, jika tak langsung kembali dan kehilangan elastisitasnya, itu juga pertanda kekurangan cairan atau dehidrasi.

- Urine kuning pekat

Saat buang air kecil, perhatikan warna urine. Jika kuningnya lebih pekat atau lebih gelap dari biasanya, itu pertanda kamu kurang banyak cairan. Warna urine yang normal kuning muda seperti air lemon.

- Jantung berdegup lebih kencang

Darah sebagian besar terdiri dari air, jadi ketika tubuh mengalami dehidrasi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Efeknya adalah jantung berdebar atau harus bernapas lebih cepat. Ini adalah tanda-tanda dehidrasi. Cegah hal ini dengan minum air putih dalam jumlah yang tepat setiap hari.

- Merasa pusing

Jika cenderung merasa pusing ketika berdiri dengan cepat, saatnya untuk minum lebih banyak air. Dehidrasi dapat menyebabkan tekanan darah turun, efeknya adalah pusing, lemas hingga mual.

(Sah, Sumber: Taste of Home)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary