Sajid, Muslim Pertama yang Jadi Menteri Dalam Negeri Inggris

Reporter : Sugiono
Rabu, 2 Mei 2018 17:01
Sajid, Muslim Pertama yang Jadi Menteri Dalam Negeri Inggris
Putra sopir bus ini memiliki jabatan yang dianggap sebagai salah satu dari empat jabatan terpandang di Inggris.

Dream - Sajid Javid telah ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri Inggris yang baru. Sajid menjadi Mendagri Inggris setelah Amber Rudd mengundurkan diri terkait skandal imigran.

Lahir pada tahun 1969 di Rochdale, Lancashire, Sajid adalah politikus Partai Konservatif Inggris. Sajid adalah menteri pertama Inggris yang beragama Islam.

Dia mendapat jabatan yang dianggap sebagai salah satu dari empat jabatan terpandang di Inggris. Selain Menteri Dalam Negeri, jabatan penting dan terpandang di Inggris lainnya adalah Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri, dan Menteri Keuangan.

Pria keturunan Pakistan ini sebelumnya pernah menjadi direktur pelaksana di Deutsche Bank sebelum terjun ke dunia politik.

Sajid menggantikan Rudd yang mengundurkan diri setelah terlibat dalam skandal pengusiran keluarga Windrush yang telah bermigrasi dari Karibia ke Inggris pada tahun 1950 dan 1960-an.

Sehari sebelum pelantikannya, Sajid sempat mengungkapkan pandangan pribadinya tentang skandal tersebut.

" Ini sangat menyentuh pribadi saya. Bayangkan jika (yang dideportasi) itu adalah ibu saya, ayah saya, paman saya, atau bahkan saya sendiri," katanya kepada The Sunday Telegraph.

Sebagai keturunan Pakistan, Sajid mengaku benar-benar bisa merasakan kepedihan keluarga Windrush.

1 dari 1 halaman

Anak Sopir Bus

Ayah Sajid bermigrasi bersama keluarga dari Pakistan ke Rochdale dengan membawa uang hanya 1 Poundsterling di saku celananya.

Setelah bekerja di pabrik kapas, ayahnya membawa keluarganya, termasuk Sajid, pindah ke Bristol. Di kota ini, ayahnya bekerja sebagai sopir bus.

Meski kehidupan mereka susah, tapi Sajid berhasil menamatkan pendidikannya hingga ke universitas.

Setelah lulus kuliah, Sajid bekerja di bank. Setelah di Chase Manhattan Bank, Sajid pindah ke Deutsche Bank.

Di sini, karier Sajid bersinar hingga dia memiliki jabatan tinggi sebagai direktur pelaksana sebelum akhirnya terjun ke dunia politik.

Dengan jabatan sebagai Menteri Dalam Negeri, Sajid sekarang mewakili Inggris yang modern dan multikultural.

Sajid merupakan Muslim kedua setelah Walikota London Sadiq Khan yang menempati jabatan tinggi di pemerintahan Kerajaan Inggris.

(Sumber: The News Pakistan)

Beri Komentar