Posisi Tidur Ideal Agar Tak Sakit Leher, Penyuka Posisi Menyamping Wajib Baca

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 2 Januari 2022 15:01
Posisi Tidur Ideal Agar Tak Sakit Leher, Penyuka Posisi Menyamping Wajib Baca
Ketahui juga kapan harus berkonsultasi ke dokter.

Dream – Meski sering disepelekan, posisi tidur sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan. Efek paling ringan yang sering dialami ketika salah posisi tidur adalah sakit leher yang berakhir pada terganggunya aktivitas kamu.

Dalam taraf yang serius, sakit leher bisa sangat sulit untuk diatasi. Tak ada cara lain untuk mencegah masalah ini terjadi selain mulai memperbaiki postur tubuh saat tidur.

Jika pernah mengalami sakit leher, tidurlah dengan posisi terlentang dan tambahkan bantal di bawah paha.

Menambahkan bantal di bawah paha akan membuat punggung serta otot tulang belakang lebih rata. Sehingga, kamu pun terbebas dari sakit leher.

1 dari 3 halaman

Mengapa Harus Tidur Terlentang?

Tidur Terlentang© Shutterstock

Dilansir dari Pop Sugar, tidur terlentang mampu menghilangkan tekanan pada leher. Namun, kamu pun tetap harus memastikan jenis bantal yang digunakan.

" Pastikan untuk menggunakan bantal yang sesuai dengan lekukan punggung dan gunakan bantal datar untuk melindungi kepala," ujar Gbolahan Okubadejo, MD, FAAOS, Ahli Bedah Tulang Belakang dan Ortopedi di New York City.

Pemakaian bantal dan postur tubuh yang tepat saat tidur terlentang akan membuat beban tubuhmu menyebar dengan baik. Sehingga, hal ini bisa menjaga keseluruhan postur, letak organ dalam, serta mencegah sakit leher.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Jika Tidak Bisa Tidur Terlentang?

Sebagian orang tidak bisa tidur terlentang. Jika kamu salah satunya, tidurlah menyamping. Namun, jangan menyelipkan sebelah tanganmu di bawah bantal. Hal tersebut bisa menyebabkan sakit leher.

Tidur Menyamping© Shutterstock

Letakkan kedua tanganmu di depan tubuh untuk menjaga postur keseluruhan tubuhmu. Kamu bisa menggunakan bantal di bawah leher untuk memastikan posturmu terjaga serta mencegah otot lehermu tegang.

3 dari 3 halaman

Sebenarnya, solusi untuk mencegah sakit leher hanyalah dengan menjaga postur tubuhmu agar tetap lurus. Menggunakan bantal berbulu atau memory foam pillow juga bisa mencegah sakit leher dan menjaga postur.

Pasalnya, kedua jenis bantal tersebut bisa menyesuaikan bentuk leher. Pastikan juga bantalmu selalu diganti setiap tahun agar kamu tidak menggunakan bantal yang telah kempes.

Jika kamu mengalami sakit leher berkepanjangan, berkonsultasilah pada dokter untuk mengatasinya dengan cara yang tepat. Apalagi, jika kamu telah mengalami mati rasa atau kesemutan di lengan, sakit kepala, demam, atau pusing.

Laporan: Siti Sarah Al Hafizd

Beri Komentar