Pentingnya Mengontrol Makanan untuk Penderita Diabetes

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 27 Februari 2019 11:42
Pentingnya Mengontrol Makanan untuk Penderita Diabetes
Makan tak terkontrol bisa berakibat fatal bagi penderita diabetes.

Dream - Bagi mereka yang tidak menderita diabetes, makan kue atau kentang goreng bukanlah masalah besar. Sebaliknya, bagi penderita diabetes makan terlalu banyak asupan yang mengandung gula dan karbohidrat bisa berakibat fatal.

Direktur Gonda Diabetes Center di Ucla Health, dr. Matthew Freeby, menjelaskan bahwa sulit untuk mengatakan makanan yang tepat bagi penderita diabetes. Tingkat toleransi pasien diabetes berbeda-beda.

" Jika seorang pasien makan karbohidrat yang berlebihan sehingga pankreas tidak dapat memproduksi insulin untuk menurunkan gula darah, itulah yang kami khawatirkan,” kata Matthew, seperti dikutip dari Prevention.

Kadar gula yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dikenal sebagai hiperglikemia dan hipoglikemia yang dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, sakit perut, detak jantung yang cepat, pusing, atau kebingungan.

Jika anda mengalami gejala tersebut ketika memiliki penyakit diabetes, sebaiknya cepat konsultasikan pada dokter.

Apabila terlambat, dalam kasus ekstrem hal ini dapat menyebabkan ketidaksadaran dan kematian. Vendana Sheth, seorang pakar gizi, mengungkap kalau penderita diabetes bisa makan karbohidrat atau makanan manis tapi dengan porsi secukupnya, tidak berlebihan.

Beberapa makanan masuk dalam daftar 'merah' untuk penderita diabetes. Sebaiknya dihindari, jika pun dimakan sebaiknya dalam porsi yang sedikit. Makanan tersebut antara lain gorengan bertepung, seperti ayam tepung, ikan goreng topeng dan gorengan lainnya.

Kentang goreng sebaiknya juga dihindari, karena karbohidratnya sangat tinggi. Termasuk kue, cookies, donat dan minuman bersoda.

(ism, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)

Beri Komentar