Ketahui Surat-surat yang Sunah Dibaca dalam Sholat Fardu

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 19 Maret 2018 19:00
Ketahui Surat-surat yang Sunah Dibaca dalam Sholat Fardu
Surat-surat ini dibaca pada rakaat pertama dan kedua setiap sholat.

Dream - Dalam sholat fardu, ada sejumlah surat yang perlu dibaca. Yang dihukumi wajib adalah Surat Al Fatihah.

Surat yang mendapat penghargaan sebagai 'Ummul Kitab' ini dibaca pada setiap rakaat sholat. Jika tidak, maka sholat dinyatakan batal.

Selain Al Fatihah, ada banyak surat lain yang dibaca dalam sholat. Tetapi, hukum membaca surat-surat ini adalah sunah.

Sedangkan, surat apa saja yang dimaksud?

Dikutip dari laman Islami.co, Syeikh Musthafa Bugha dalam kitab Fiqhul Manhaji menjelaskan ada beberapa surat yang dianjurkan dibaca dalam sholat fardu. Surat tersebut tergolong thiwal al mufashal (surat-surat panjang) untuk sholat Subuh dan Zuhur seperti Al Hujurat, Ar Rahman dan lain-lain.

Sedangkan untuk sholat Ashar dan Isya dianjurkan membaca surat-surat awshat al mufashal (surat tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek). Yang masuk dalam golongan surat ini adalah As Syams, Al Lail, dan lain-lain.

Untuk sholat Maghrib, dianjurkan membaca surat-surat qashar al mufashal (surat-surat pendek yang ada pada juz 30) karena waktunya terbatas. Surat tersebut seperti An Nas, Al Ikhlas, Al Falaq, dan lain sebagainya.

Meski demikian, membaca surat panjang saat Subuh dan Zuhur dianjurkan, bagi imam harus memperhatikan keadaan makmum. Jika makmumnya adalah para pekerja dan orangtua, sebaiknya imam tidak memperlama sholatnya.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah Muhammad SAW, diriwayatkan Muslim.

" Jika salah seorang di antara kamu sholat bersama orang-orang atau mengimami sholat, hendaklah ia meringankan bacaan, karena di antara mereka itu ada yang lemah, orang yang sakit dan orang yang sudah tua. Tetapi jika ia sholat sendirian, hendaklah ia memanjangkan bacaan menurut kehendaknya."

Selengkapnya baca di sini...

Beri Komentar